Jumat Kliwon, 20 April 2018
4 Sya'ban 1439 Hijriyah


KALENDER CHINA

Kalender China (Tiongkok) diadopsi dari jaman Kaisar Wu (Dinasti Han Barat) dengan memperkenalkan reformasi kalender baru yang menggunakan metode lunar (bulan). Di China sendiri, saat ini menggunakan kalender masehi untuk urusan formal seperti pekerjaan, bisnis dll. Kalender China baru digunakan untuk urusan tradisional seperti mencari zodiak, hoki, jodoh, tanggal pernikahan dan lain sebagainya. Ini mirip seperti di Indonesia yang menggunakan kalender masehi untuk urusan formal dan kalender jawa (weton) untuk urusan tradisional.
 
 
 
Bagi Anda yang ingin mengkonversi kalender masehi ke kalender china, silahkan isi form tanggalan dibawah ini :

Tanggal Masehi:

 
 
 






ICHING

Dilafalkan "Yee Jing", adalah Kitab Perubahan Berbahasa China yang telah digunakan sebagai medium peramalan selama ribuan tahun dan mungkin merupakan buku tertua di dunia. Kitab ini telah diperluas dan dimurnikan selama berabad-abad. Namun menurut legenda, kitab ini ditemukan oleh seorang penguasa negeri China sekitar tahun 3000 sebelum masehi yang bernama Fu Hsi. Dialah yang menemukan 8 trigram I Ching

TAREKAT

Kata tarekat adalah berasal dari bahasa Arab thariqah, jamaknya tharaiq, yang berarti: (1) jalan atau petunjuk jalan atau cara, (2) Metode, system (al-uslub), (3) mazhab, aliran, haluan (al-mazhab), (4) keadaan (al-halah), (5) tiang tempat berteduh, tongkat, payung (amud al-mizalah). Menurut Al-Jurjani Ali bin Muhammad bin ?Ali (740-816 M), tarekat ialah metode khusus yang dipakai oleh salik (para penempuh jalan) menuju Allah Ta?ala melalui tahapan-tahapan/maqamat. Dengan demikian tarekat memiliki dua pengertian, pertama ia berarti metode pemberian bimbingan spiritual kepada individu dalam mengarahkan kehidupannya menuju kedekatan diri dengan Tuhan. Kedua, tarekat sebagai persaudaraan kaum sufi (sufi brotherhood) yang ditandai dengan adannya lembaga formal seperti zawiyah, ribath, atau khanaqah. Bila ditinjau dari sisi lain tarekat itu mempunyai tiga sistem, yaitu: sistem kerahasiaan, sistem kekerabatan (persaudaraan) dan sistem hirarki seperti khalifah tawajjuh atau khalifah suluk, syekh atau mursyid, wali atau qutub. Kedudukan guru tarekat diperkokoh dengan ajaran wasilah dan silsilah. Keyakinan berwasilah dengan guru dipererat dengan kepercayaan karamah, barakah atau syafa?ah atau limpahan pertolongan dari guru.


TOKO SUPRANATURAL

belajar metafisika