Jumat Pon, 22 Februari 2019
16 Jumadil Tsani 1440 Hijriyah


Inilah Fungsi Chakra Visuddha


chakra visuddha

Chakra visuddha juga berasal dari bahasa Sanksekerta, yang berarti pemurnian. Chakra ini terletak di pharyngeal plexus atau tenggorokan. Chakra ini berwarna biru dan mempunyai simbol bunga teratai dengan enam belas helai kelopak bunga. Kelenjar yang melingkupi chakra ini adalah tiroid dan paratiroid.


Chakra ini berkaitan dengan komunikasi, kreativitas, ekspresi diri. Tugas utama dari chakra visuddha adalah untuk mengendalikan dan memberikan energi pada tenggorokan, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, dan sistem getah bening. Chakra vishudda yang lemah atau tidak selaras merupakan alasan orang terkena berbagai penyakit dan masalah. Gangguan fungsi dari chakra ini akan mengakibatkan penyakit tenggorokan, asma, gondok, dan lain-lain.

Chakra ini juga dikenal juga sebagai pusat nektar. Nektar hadir dalam tubuh untuk memelihara seluruh tubuh dari dalam sehingga menghasilkan pertumbuhan, kemakrnuran, dan umur panjang dari tubuh. Adapun teknik asana yoga yang bertujuan untuk menyelaraskan chakra vishuddha ini di antaranya adalah sarvangasana (postur bertumpu pada pundak), halasana (postur bajak), setu bandhasarvangasana (postur jembatan), dan matsyasana (postur ikan).









DAJAL

Setan yang menampakan diri dalam bentuk raksasa yang muncul menjelang datangnya kiamat. Dajal dapat berbentuk mahluk atau sebuah rejim yang zalim atau bisa juga diartikan kekuatan gaib yang mengandung energi negatif yang mempengaruhi manusia jauh dari ajaran agama.

DAPUR

Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut nama bentuk atau type bilah keris. Dengan menyebut nama dapur keris, orang yang telah paham akan langsung tahu, bentuk keris yang seperti apa yang dimaksud. Misalnya, seseorang mengatakan: "Keris itu ber-dapur Tilam Upih", maka yang mendengar langsung tahu, bahwa keris yang dimaksud adalah keris lurus, bukan keris yang memakai luk. Lain lagi kalau disebut dapur-nya Sabuk Inten, maka itu pasti keris yang ber-luk sebelas. Dunia perkerisan di masyarakat suku bangsa Jawa mengenal lebih dari 145 macam dapur keris. Namun dari jumlah itu, yang dianggap sebagai dapur keris yang baku atau mengikuti pakem hanya sekitar 120 macam saja. Serat Centini, salah satu sumber tertulis, yang dapat dianggap sebagai pedoman dapur keris yang pakem memuat rincian jumlah dapur keris sbb: Keris lurus ada 40 macam dapur. Keris luk tiga ada 11 macam. Keris luk lima ada 12 macam. Keris luk tujuh ada 8 macam. Keris luk sembilan ada 13 macam. Keris luk sebelas ada 10 macam. Keris luk tigabelas ada 11 macam. Keris luk limabelas ada 3 macam. Keris luk tujuhbelas ada 2 macam. Keris luk sembilan belas, sampai luk duapuluh sembilan masing-masing ada semacam. Namun, menurut manuskrip Sejarah Empu, karya Pangeran Wijil, jumlah dapur yang dianggap pakem lebih banyak lagi. Catatan itu menunjukkan dapur keris lurus ada 44 macam, yang luk tiga ada 13 macam, luk sebelas ada 10 macam, luk tigabelas ada11 macam, luk limabelas ada 6 macam, luk tujuhbelas ada 2 macam, luk sembilanbelas sampai luk duapuluh sembilan ada dua macam, dan luk tigapuluh lima ada semacam. Jumlah dapur yang dikenal sampai dengan dekade tahun 1990-an, lebih banyak lagi.


belajar metafisika

info dunia gaib