Rabu Pahing, 15 Agustus 2018
3 Dzulhijjah 1439 Hijriyah


Chakra Sahasrara Untuk Pencerahan Jiwa


chakra mahkota

Chakra Sahasrara biasa juga dikenal dengan nama chakra mahkota. Sahasrara atau ribuan kelopak merupakan chakra mahkota yang terletak di ubun-ubun. Sahasrara dalam bahasa Sansekerta berarti “seribu kali lipat" atau “tak terhingga". Dari arti inilah muncul lambang chakra sahasrara, yaitu bunga teratai dengan seribu kelopak berwarna putih atau ungu. Chakra ini berhubungan dengan ilmu pengetahuan, edukasi diri kesadaran, serta berkaitan dengan spiritual dan budi luhur.


Tugas utama chakra ini adalah mengendalikan dan memberikan energi kepada kelenjar pineal, kelenjar pituitari, otak, serta seluruh kepala. Gangguan fungsi chakra ini akan bermanifestasi sebagai penyakit fisik maupun psikologis. Tidak hanya gitu, chakra sahasrana juga terkait dengan tingkat fisik tubuh manusia. Kulit tengkorak bagian atas, sistem saraf dan berbagai bagian lain dipengaruhi oleh pusat energi ini. Dalam kondisi chakra sahasrara yang selaras dan seimbang, manusia merasa terhubung dengan Tuhan dan selalu dalam keadaan bersyukur.

Keseimbangan chakra sahasrara akan membawa pada pikiran yang bebas, fokus, tegas, dan hati yang ringan. Meskipun merupakan chakra terakhir, sahasrara tidak menandakan akhir proses evolusi manusia, tetapi justru menggambarkan awal atau kelahiran kembali. Chakra ini menjadi titik tertinggi manusia, menghubungkan puncak tertinggi ruh ke rumah universal. Chakra ini membawa pencerahan dan kebijaksanaan untuk jiwa manusia. Melalui chakra sahasrara, hidup menjadi penuh suka cita, kebahagiaan, dan harmoni.

Meditasi menjadi salah satu cara paling efektif untuk melatih chakra ini. Meditasi tidak hanya akan membantu menjaga naeimbangan chakra ini, tetapi juga keseimbangan semua chakra dalam tubuh. Setelah seseorang dapat fokus dan menyeimbangkan cakra ini, orang tersebut akan merasakan tujuan ilahinya dalam hidup dan akan rnewujudkan diri ke tingkat yang lebih tinggi. Adapun tehnik yoga yang dapat digunakan untuk menyeimbangkan energi di chakra sahasrara di antaranya adalah sirsasana (postur bertumpu pada kepala) dan meditasi.









ALMANAK

catatan tentang penanggalan (kalender).

TAREKAT

Kata tarekat adalah berasal dari bahasa Arab thariqah, jamaknya tharaiq, yang berarti: (1) jalan atau petunjuk jalan atau cara, (2) Metode, system (al-uslub), (3) mazhab, aliran, haluan (al-mazhab), (4) keadaan (al-halah), (5) tiang tempat berteduh, tongkat, payung (amud al-mizalah). Menurut Al-Jurjani Ali bin Muhammad bin ?Ali (740-816 M), tarekat ialah metode khusus yang dipakai oleh salik (para penempuh jalan) menuju Allah Ta?ala melalui tahapan-tahapan/maqamat. Dengan demikian tarekat memiliki dua pengertian, pertama ia berarti metode pemberian bimbingan spiritual kepada individu dalam mengarahkan kehidupannya menuju kedekatan diri dengan Tuhan. Kedua, tarekat sebagai persaudaraan kaum sufi (sufi brotherhood) yang ditandai dengan adannya lembaga formal seperti zawiyah, ribath, atau khanaqah. Bila ditinjau dari sisi lain tarekat itu mempunyai tiga sistem, yaitu: sistem kerahasiaan, sistem kekerabatan (persaudaraan) dan sistem hirarki seperti khalifah tawajjuh atau khalifah suluk, syekh atau mursyid, wali atau qutub. Kedudukan guru tarekat diperkokoh dengan ajaran wasilah dan silsilah. Keyakinan berwasilah dengan guru dipererat dengan kepercayaan karamah, barakah atau syafa?ah atau limpahan pertolongan dari guru.


TOKO SUPRANATURAL

belajar metafisika

bisnis bitcoin