Selasa Wage, 18 Juni 2019
14 Syawal 1440 Hijriyah


Chakra Sahasrara Untuk Pencerahan Jiwa


chakra mahkota

Chakra Sahasrara biasa juga dikenal dengan nama chakra mahkota. Sahasrara atau ribuan kelopak merupakan chakra mahkota yang terletak di ubun-ubun. Sahasrara dalam bahasa Sansekerta berarti “seribu kali lipat" atau “tak terhingga". Dari arti inilah muncul lambang chakra sahasrara, yaitu bunga teratai dengan seribu kelopak berwarna putih atau ungu. Chakra ini berhubungan dengan ilmu pengetahuan, edukasi diri kesadaran, serta berkaitan dengan spiritual dan budi luhur.


Tugas utama chakra ini adalah mengendalikan dan memberikan energi kepada kelenjar pineal, kelenjar pituitari, otak, serta seluruh kepala. Gangguan fungsi chakra ini akan bermanifestasi sebagai penyakit fisik maupun psikologis. Tidak hanya gitu, chakra sahasrana juga terkait dengan tingkat fisik tubuh manusia. Kulit tengkorak bagian atas, sistem saraf dan berbagai bagian lain dipengaruhi oleh pusat energi ini. Dalam kondisi chakra sahasrara yang selaras dan seimbang, manusia merasa terhubung dengan Tuhan dan selalu dalam keadaan bersyukur.

Keseimbangan chakra sahasrara akan membawa pada pikiran yang bebas, fokus, tegas, dan hati yang ringan. Meskipun merupakan chakra terakhir, sahasrara tidak menandakan akhir proses evolusi manusia, tetapi justru menggambarkan awal atau kelahiran kembali. Chakra ini menjadi titik tertinggi manusia, menghubungkan puncak tertinggi ruh ke rumah universal. Chakra ini membawa pencerahan dan kebijaksanaan untuk jiwa manusia. Melalui chakra sahasrara, hidup menjadi penuh suka cita, kebahagiaan, dan harmoni.

Meditasi menjadi salah satu cara paling efektif untuk melatih chakra ini. Meditasi tidak hanya akan membantu menjaga naeimbangan chakra ini, tetapi juga keseimbangan semua chakra dalam tubuh. Setelah seseorang dapat fokus dan menyeimbangkan cakra ini, orang tersebut akan merasakan tujuan ilahinya dalam hidup dan akan rnewujudkan diri ke tingkat yang lebih tinggi. Adapun tehnik yoga yang dapat digunakan untuk menyeimbangkan energi di chakra sahasrara di antaranya adalah sirsasana (postur bertumpu pada kepala) dan meditasi.









DAPUR

Adalah istilah yang digunakan untuk menyebut nama bentuk atau type bilah keris. Dengan menyebut nama dapur keris, orang yang telah paham akan langsung tahu, bentuk keris yang seperti apa yang dimaksud. Misalnya, seseorang mengatakan: "Keris itu ber-dapur Tilam Upih", maka yang mendengar langsung tahu, bahwa keris yang dimaksud adalah keris lurus, bukan keris yang memakai luk. Lain lagi kalau disebut dapur-nya Sabuk Inten, maka itu pasti keris yang ber-luk sebelas. Dunia perkerisan di masyarakat suku bangsa Jawa mengenal lebih dari 145 macam dapur keris. Namun dari jumlah itu, yang dianggap sebagai dapur keris yang baku atau mengikuti pakem hanya sekitar 120 macam saja. Serat Centini, salah satu sumber tertulis, yang dapat dianggap sebagai pedoman dapur keris yang pakem memuat rincian jumlah dapur keris sbb: Keris lurus ada 40 macam dapur. Keris luk tiga ada 11 macam. Keris luk lima ada 12 macam. Keris luk tujuh ada 8 macam. Keris luk sembilan ada 13 macam. Keris luk sebelas ada 10 macam. Keris luk tigabelas ada 11 macam. Keris luk limabelas ada 3 macam. Keris luk tujuhbelas ada 2 macam. Keris luk sembilan belas, sampai luk duapuluh sembilan masing-masing ada semacam. Namun, menurut manuskrip Sejarah Empu, karya Pangeran Wijil, jumlah dapur yang dianggap pakem lebih banyak lagi. Catatan itu menunjukkan dapur keris lurus ada 44 macam, yang luk tiga ada 13 macam, luk sebelas ada 10 macam, luk tigabelas ada11 macam, luk limabelas ada 6 macam, luk tujuhbelas ada 2 macam, luk sembilanbelas sampai luk duapuluh sembilan ada dua macam, dan luk tigapuluh lima ada semacam. Jumlah dapur yang dikenal sampai dengan dekade tahun 1990-an, lebih banyak lagi.

TERAWANGAN

Terawangan adalah salah satu ilmu gaib dimana seseorang yang menguasai ilmu ini dapet melihat alam gaib dan berkomunikasi dengan penghuninya. Kemampuan seperti ini bisa didapatkan dengan berbagai macam laku/ritual baik secara mistis maupun dengan metode ilmiah. Kegunaan ilmu terawangan misalnya untuk melihat isi khodam pusaka, mendeteksi sakit pasien yang disebabkan ilmu hitam, berkomunikasi dengan makhluk astral dll.


belajar metafisika

info dunia gaib