Kamis Wage, 15 November 2018
6 Rabiul Awwal 1440 Hijriyah


Chakra Anahata dan Fungsinya


chakra anahata 

Chakra Anahata terletak di jantung. Chakra ini berkaitan erat dengan rasa cinta, kasih sayang, sosial, dan persatuan. Tugas utama dari chakra ini adalah mengendalikan dan memberikan energi pada jantung, kelenjar timus, paru-paru, dan sistem pereclaran darah. Gangguan fungsi dari chakra ini akan menyebabkan penyakit jantung, gangguan sistem peredaran darah, paru-paru, asma, TBC, pneumonia, dan lain-lain. Ketidakselarasan pada chakra ini juga mengakibatkan detak jantung berdebar dan clenyut jantung tidak stabil.


Chakra ini sangat penting dalam sistem sinergi manusia. Anahata mempunyai unsur udara dan berwarna hijau, bersimbol bunga teratai dengan dua belas kelopak. Chakra ini merupakan titik penyatuan energi spiritual dan sistem manusia dan energi fisik. Chakra ini berfokus pada penciptaan keseimbangan antara segala sesuatu yang kita lakukan. Chakra ini lebih mementingkan spiritualitas dibandingkan dengan kebahagiaan material, serta menekankan untuk bertindak dan melakukan perbuatan baik sehingga mencapai kemurnian dan kebahagiaan.

Gerakan yang pas untuk rnenyelaraskan chakra ini adalah semua gerakan yang membuka clada (bhujangasana, dhanurasana, shalabasana, urdhva, dan mukhadhanurasana), posisi tangan (garudasana, namastemudra terbaik, dan gomukhasana), dan semua jenis pranayama.









TAREKAT

Kata tarekat adalah berasal dari bahasa Arab thariqah, jamaknya tharaiq, yang berarti: (1) jalan atau petunjuk jalan atau cara, (2) Metode, system (al-uslub), (3) mazhab, aliran, haluan (al-mazhab), (4) keadaan (al-halah), (5) tiang tempat berteduh, tongkat, payung (amud al-mizalah). Menurut Al-Jurjani Ali bin Muhammad bin ?Ali (740-816 M), tarekat ialah metode khusus yang dipakai oleh salik (para penempuh jalan) menuju Allah Ta?ala melalui tahapan-tahapan/maqamat. Dengan demikian tarekat memiliki dua pengertian, pertama ia berarti metode pemberian bimbingan spiritual kepada individu dalam mengarahkan kehidupannya menuju kedekatan diri dengan Tuhan. Kedua, tarekat sebagai persaudaraan kaum sufi (sufi brotherhood) yang ditandai dengan adannya lembaga formal seperti zawiyah, ribath, atau khanaqah. Bila ditinjau dari sisi lain tarekat itu mempunyai tiga sistem, yaitu: sistem kerahasiaan, sistem kekerabatan (persaudaraan) dan sistem hirarki seperti khalifah tawajjuh atau khalifah suluk, syekh atau mursyid, wali atau qutub. Kedudukan guru tarekat diperkokoh dengan ajaran wasilah dan silsilah. Keyakinan berwasilah dengan guru dipererat dengan kepercayaan karamah, barakah atau syafa?ah atau limpahan pertolongan dari guru.

FALAKIAH

ilmu tentang tata surya/perbintangan


belajar metafisika

info dunia gaib